Lompat ke konten

Kursus Kaligrafi | BOOK CHARITY

Di tahun 2022 ini, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Rembang memilih mengadakan Kursus Kaligrafi sebagai salah satu rangkaian kegiatan BOOK CHARITY yang dilaunching pada awal juni 2022. Menyadari pentingnya literasi bagi masyarakat, Dinarpus Rembang bertekad menggelar kegiatan BOOK CHARITY ini dengan mendorong semangat berdonasi dan peduli literasi.

Dipilihnya Kursus Kaligrafi ini tidak lain demi membekali pengetahuan yang cukup kepada para peserta yang umumnya dari kalangan anak-anak dan remaja agar mereka tidak hanya mampu membuat lukisan kaligrafi tapi juga mengenali betul berbagai khat kaligrafi yang ada seperti : Khat Naskhi, Khat Riq’ah, Khat Tsulutsi, Khat Farisi, Khat Diwani dan lainnya.

Dengan demikian hasil karya lukis/tulis kaligrafi mereka kelak benar-benar mengikuti kaidah khat yang seharusnya, tidak asal jiplak dan dapat menerapkannya sendiri tanpa ragu-ragu terhadap kalimat yang akan dikaligrafikan.
Selain alasan tersebut, alasan regenerasi menjadi alasan pokok yang mendasari diadakannya Kursus Kaligrafi ini. Di tengah perkembangan jaman dan modernisasi seperti sekarang ini, seni kaligrafi dianggap sebagai sesuatu yang tidak menarik juga kuno. Padahal bukankah yang kuno itu yang bernilai jual mahal kelak. Oleh karenanya menjadi semangat kami untuk menumbuhkan dan mentransfer ilmunya kepada generasi muda melalui kursus ini.

Berikut beberapa dokumentasi Kursus Kaligrafi yang telah dilaksanakan pada 5 kali pertemuan dari  Juli 2022 hingga berakhir 8 September 2022

1 tanggapan pada “Kursus Kaligrafi | BOOK CHARITY”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *