Lompat ke konten

KONSER LUKIS TELENAN | Memperingati hari kunjung perpustakaan

Rangkaian kegiatan book charity yang dilaunching tahun ini oleh Dinasarpus Rembang salah satunya yakni gelaran Konser lukis telenan yang diselenggarakan di area gedung perpustakaan umum kabupaten Rembang pada hari Rabu tanggal 7 september 2022.
Konser lukis ini awalnya direncanakan digelar pada tanggal 14 September sehingga bertepatan dengan hari kunjung perpustakaan, namun dikarenakan pada tanggal tersebut bertepatan dengan jadwal Ujian Tengah Semester SD, maka acara dimajukan tanggal pelaksanaannya.

Momentum yang tepat ini kami manfaatkan dengan menyelenggarakan konser lukis. Tepatnya dengan meng-upgrade level lukis tingkat SD yang biasanya hanya melukis di atas kertas. Pada kesempatan kali ini kami mencoba memberikan uji skill peserta SD dalam mengilustrasikan sebuah tema dan menuangkannya dalam bentuk lukisan serta mewarnainya dengan media cat minyak/acrilic. Tentunya ini merupakan hal baru, serta merupakan pengalaman yang seru dan menantang bagi sebagian besar peserta baik yang sudah pernah menjuarai lomba serupa maupun yang belum sama sekali.
Diselenggarakannya konser lukis ini tentu bukannya tanpa alasan, kami meyakini betul bahwa manfaat melukis bagi anak-anak sangatlah luar biasa. Selain meningkatkan daya kreatifitas, juga mampu mengembangkan kemampuan motorik anak, meningkatkan konsentrasi, melatih ketelitian, melatih kepekaan, melatih kesabaran, menguatkan daya imajinasi dan ekspresi dan masih banyak manfaat lainnya yang bisa diperoleh.

Memang peserta yg mendaftar dalam konser lukis ini tidaklah banyak, padahal pihak Dinarpus sudah menyebar 50 undangan ke sekolah sekolah dan membuka link pendaftaran online bagi peserta umum serta memberikan iming-iming hadiah yang lumayan untuk juara 1, 2 dan 3. Namun menjelang acara hanya 28 anak yang berani mengikuti konser ini. Hal ini bisa saja disebabkan oleh kurangnya bakat-bakat muda yang layak diadu di tingkat perlombaan seperti konser ini, sehingga mereka enggan mengirimkan perwakilannya. wallahu ‘alam.
Sejumlah 28 peserta bergelut dengan cat dan kuas selama kurang lebih 3 jam. Hasil penilaian akhir berdasarkan parameter kekuatan ide, harmonisasi warna dan kerapian goresan oleh dewan juri diperoleh juara 123 konser lukis telenan ini, yaitu:

Juara 1 :
Sabrina Qothrunnada El Wajdi (MI An Nashriyah Lasem)
Juara 2 :
Ashlan Rayyan Rauhillah (SDN 4 Kutoharjo)
Juara 3:
Dewi Ratnawati (SDN 1 Sumberejo)

Selamat atas para Juara.
Semoga acara ini bisa memberikan pengalaman untuk lebih meningkatkan kemampuan berimajinasi melalui lukisan.

2 tanggapan pada “KONSER LUKIS TELENAN | Memperingati hari kunjung perpustakaan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *